Termakan Usia, Atap Ruang Kelas SDN di Bandung Roboh

5

Bandung, BeritaTKP.com – Atap bangunan SDN 042 Gambir yang berada di Kecamatan Batununggal, Bandung, Jawa Barat, nampak sangat mengkhawatirkan. Hal itu terjadi pasca salah satu atap gedung disekolah tersebut ambruk akibat lapuknya konstruksi bangunan.

Informasi yang dilansir dari detikJabar, atap ruangan yang roboh ini terjadi di Gedung B SDN Gambir. Atap itu akhirnya roboh pada Selasa (5/9/2023).

Kepala Sekolah SDN 042 Gambir Nunun Komala mengatakan, sebelum atap ruang sekolahnya roboh, ruangan tersebut sudah dikosongkan sejak April 2023. Ruangan yang berada di lantai 2 Gedung B tersebut biasanya digunakan untuk KBM siswa kelas V dan VI.

“Kebetulan pas kejadian, itu lagi jam istirahat ya. Biasanya di lantai dua, ada siswa kelas 6 dan 5 yang sedang belajar, tapi pada saat itu siswa sedang melaksanakan proses belajar mengajar di luar sama guru PJOK,” kata Nunun, Kamis (7/9/2023).

Untungnya, saat kejadian, tidak ada siswa yang berada di ruangan. Nunun juga sudah melaporkan kondisi ruangan SD-nya itu ke Disdik Kota Bandung sebelum atap tersebut roboh.

“Kami sudah mengajukan ke Disdik, sudah progres dan akan dilaksanakan (perbaikan) pada September-Oktober, tapi duluan roboh. Mungkin prosedur anggaran dan sebagainya jadi tidak langsung (direnovasi),” ungkapnya.

Akibat insiden itu, satu ruangan di lantai 2 Gedung B SDN Gambir mengalami rusak berat. Atapnya roboh dan dua ruangan lainnya mengalami rusak ringan.

Nunun juga bercerita, Disdik awalnya hendak merenovasi satu ruangan saja. Namun karena adanya insiden tersebut, renovasi bakal dilakukan langsung tiga ruangan.

“Yang rusak parah satu, tapi akhirnya direnov semua, karena kemarin kedatangan Pak Ema (Plh Walkot Bandung) ya,” ucapnya.

Sebagai antisipasi, Nunun sudah membagi KBM siswa yang terdampak kerusakan ruangan tersebut. Pihaknya menerapkan skema pembelajaran melalui daring selama sepekan, dan akan mulai berangsur normal pada Senin (11/9/2023).

Berdasarkan pantauan, sejumlah pekerja mulai melakukan perbaikan bangunan di Gedung B tersebut. Pecahan genting, kaca, dan kayu yang sudah lapuk dimakan rayap, terlihat masih berserakan.

Pada bagian kelas yang roboh, terlihat atapnya sudah bolong, kayu penyangga plafon dan genting pun sudah lapuk. Kelas tersebut terkahir direnovasi pada 2004.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar (PPSD) Disdik Kota Bandung, Bambang Ariyanto membenarkan soal kerusakan itu. Disdik pun sudah turun tangan dan menargetkan renovasi tersebut bisa segera diselesaikan.

“Kalau target, kami ingin secepatnya selesai biar KBM-nya bisa berjalan normal lagi. Kepseknya tadi sudah minta izin supaya bisa PJJ 3 harian. Ke depan KBM-nya akan coba kita kombinasi antara tatap muka dan PJJ sampai renovasinya selesai,” pungkasnya. (red)