Inilah Pentingnya Akreditasi ISO Bagi Perusahaan

11

SURABAYA, BeritaTKP.com – Menjadi salah satu modal penting bagi perusahaan agar bisa berkembang ditengah-tengah persaingan bisnis yang ketat pada saat ini, Akreditasi International Organization for Standardization atau yang disingkat ISO untuk memenuhi standar internasional dalam manajemen kualitasnya.

Smart Sertifikasi Indonesia siap mendampingi perusahaan dalam memperoleh sertifikasi personal seperti AK3 Umum, serta sertifikasi perusahaan seperti ISO dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), hingga tuntas.

“Akreditasi ISO merupakan sebuah sertifikasi yang menunjukkan bahwa suatu perusahaan telah memenuhi standar internasional dalam manajemen kualitas, lingkungan, atau bidang lainnya,” jelas Direktur PT Smart Sertifikasi Indonesia, Ahmad Dahlan Kandi.

Sebagai konsultan ahli, Direktur PT Smart Sertifikasi Indonesia, Ahmad Dahlan Kandi mengungkapkan, PT. Smart Sertifikasi Indonesia akan mendampingi perusahaan dalam memperoleh sertifikasi personal.

“Seperti AK3 Umum, serta sertifikasi perusahaan seperti ISO dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), hingga tuntas,” tutur Direktur PT Smart Sertifikasi Indonesia, Ahmad Dahlan Kandi

Ahmad Dahlan Kandi mengatakan, kami memiliki konsultan ahli bersertifikasi dan berpengalaman yang akan membantu proses sertifikasi ISO standar.

“ISO 9001, 14001 dan 45001, maupun ISO spesial seperti ISO 22000, 27001, 37001, 20000, 13485 dengan berbagai akreditasi seperti KAN, KAB, JAS-ANZ, UKAS, IAS, ASCB, IASCB dan sebagainya. Silakan konsultasikan kebutuhan ISO anda dengan kami,” terangnya.

Dikatakan oleh Ahmad Dahlan Kandi, Sertifikasi SMK3 diterbitkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Indonesia.

“Inilah Pedoman bagi perusahaan dalam menjamin bahwa penerapan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Perlindungan Lingkungan yang telah dilaksanakan secara konsisten, terpadu, dan berkesinambungan,” kata Ahmad Dahlan Kandi.

Ahmad Dahlan Kandi menjabarkan ada 7 Akreditasi ISO bisa meningkatkan reputasi perusahaan diantaranya.

  1. Meningkatkan reputasi perusahaan

Akreditasi ISO menunjukkan bahwa perusahaan memiliki standar kualitas yang tinggi dan telah teruji, sehingga dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

  1. Memperkuat posisi perusahaan di pasar

Akreditasi ISO dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan dalam bersaing dengan perusahaan lain di pasar yang sama.

  1. Meningkatkan efisiensi operasional

Standar ISO memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan dan menerapkan proses bisnis yang lebih efisien dan efektif, sehingga dapat menghemat biaya dan waktu.

  1. Memperbaiki kinerja dan produktivitas

Standar ISO dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas melalui identifikasi dan perbaikan kelemahan dalam proses bisnis.

  1. Memperkuat hubungan dengan mitra bisnis

Akreditasi ISO dapat memberikan keyakinan kepada mitra bisnis bahwa perusahaan telah memenuhi standar kualitas internasional yang terpercaya.

  1. Memperluas pasar

Beberapa pasar atau negara mungkin mengharuskan perusahaan untuk memiliki sertifikasi ISO tertentu untuk memasuki pasar mereka. Oleh karena itu, akreditasi ISO dapat membuka peluang untuk perusahaan untuk memperluas pasar mereka.

  1. Meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan dan undang-undang

Perusahaan yang telah diakreditasi ISO akan memenuhi persyaratan undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam bidang tertentu.

Ahmad Dahlan menjelaskan, PT Smart Sertifikasi Indonesia berdiri sejak 2021. Pihaknya hadir untuk memberikan layanan sertifikasi ISO dan layanan terkait untuk membantu perusahaan meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kepercayaan pelanggan.

Adapun keunggulan dari layanan PT. Smart Sertifikasi Indonesia adalah kemampuan untuk memberikan layanan yang lebih fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan klien.

Terkait dengan Pelatihan, unggulan dari pelatihan yang disediakan PT. Smart Sertifikasi Indonesia adalah metode pelatihan yang menggunakan pendekatan terintegrasi dalam pengembangan pengetahuan dan kecakapan auditor.

“Pelatihan yang paling diminati adalah pelatihan auditor internal ISO 9001:2015, 14001:2015. Selain beberapa pelatihan Lead Auditor Course ISO sudah tersertifikasi IRCA,” paparnya.

Menggunakan jasa PT. Smart Sertifikasi Indonesia membawa manfaat untuk meningkatkan citra dan daya saing perusahaan dalam pasar global, meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan, serta meminimalkan kerugian akibat kecelakaan kerja.

Selain itu, menggunakan jasa sertifikasi dapat membantu perusahaan memenuhi standar internasional dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Saat ini, PT. Smart Sertifikasi Indonesia telah melayani ratusan perusahaan dari berbagai sektor seperti sektor Pemerintahan, industri makanan dan minuman, otomotif, manufaktur, konstruksi, dan lain-lain.

Menurut Ahmad Dahlan, di sra serba instan dan canggih membawa perubahan dan tantangan bagi PT. Smart Sertifikasi Indonesia, seperti adopsi teknologi baru dan meningkatkan kualitas layanan.

“Untuk mengatasi tantangan ini, PT. Smart Sertifikasi Indonesia terus memperbarui dan meningkatkan sistem layanan dan memperkenalkan inovasi baru untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan,” tutupnya. (red)